Jumat, 05 Oktober 2012

0 Teknik Memotret Bunga


Bunga adalah objek indah yang pernah ada didunia. Semua orang mengenal bunga berikut ragam dan keindahannya masing-masing, tergantung dari jenis bunga tersebut. Bahkan tidak jarang bunga dikait-kaitkan dengan seorang wanita cantik yang mempesona. Itulah Bunga.
Terlepas dari bunga dengan segala keindahannya, bunga juga merupakan sebuah objek yang tidak luput dari sasaran utama bagi orang-orang yang bergelut didunia photography (photographer), kerap mereka menjadikan bunga sebagai objek utama pada foto-foto yang mereka hasilkan.
Namun dalam memganbil foto bunga ada beberapa hal yang juga perlu kita perhatikan agar hasil dari foto yang kita buat tidak terkesan flat/datar.
Berikut mari kita bahas beberapa tips dan trik dalam memoto bunga.

1.     Persiapan adalah sebuah kunci
Ini adalah hal sangat vital, meskipun yang kita potret hanya sebuah bunga, kita tidak boleh mengabaikan sebuah persiapan. Dengan melakukan persiapan terlebih dahulu kita akan focus pada saat memotret dilapangan nantinya, cobalah bertanya kepada diri anda sebelum anda melakukan pemotretan sebuah bunga dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

  • Apakah bunga merupakan pilihan anda yang terbaik dalam mengambil foto saat itu
  • Apakah akan difoto dalam keadaan dekat atau jauh?
  • Seberapa dalam keadaan dimensi foto yang akan dihasilkan
  • Dimanakah sudut pengambilan foto yang baik/apakah ini akan menghasilkan perspektif?
  • Adakah gangguan pada saat mengambil foto tersebut baik pada foreground maupun        background.
  • Format foto apa yang terbaik dala mengambil foto ini. Apakah dalam format datar atau  dalam format tegak.

1.     Mempehatikan Objek
Salah satu pertanyaan yang kadang terabaikan dalam memotret bunga adalah “Adakah gangguan pada saat mengambil foto tersebut baik pada foreground maupun background”.
Taman diisi dengan segala macam gangguan potensial. Diantaranya mungkin gudang alat, pagar, bunga lainnya, garis pakaian dll. Sebuah keputusan harus dibuat apakah Anda ingin memasukkan elemen-elemen atau menghapusnya dari foto Anda.Entah pilihan adalah sah tetapi dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin akan ingin menghapus elemen-elemen yang mengganggu tersebut kecuali dalam rangka menambah indah hasil dari foto yang akan anda hasilkan. Ada sejumlah pilihan terbuka untuk Anda jika Anda ingin menghapus elemen-elemen tersebut. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam situasi ini diantaranya :

  • Memindahkan elemen-elemen pengganggu tersebut beberapa gangguan dapat dipindahkan dengan mudah sehingga mereka tidak dalam bingkai Anda
  • Cropping Anda bisa mendekati bunga tersebut agar menghasilkan foto yang lebih ketat atau anda juga bisa menggunakan lensa zoom untuk menghasilkan foto dengan konsep cropping ketat.
  • Gunakan aperture sempit kedalaman lapangan seperti yang kita disorot dalam pendahuluanjika Anda memilih aperture yang lebih luas (nomor kecil) Anda akan mengurangi kedalaman lapangan. Ketika Anda melakukan hal ini Anda membuat elemen di latar depan dan latar belakang lebih dan lebih banyak fokus.
  • Berpindah tempat ini dimaksudkan agar kita menemukan sudut pandang baru untuk menembak dari yang memiliki latar belakang kurang mengganggu.
  • Memetik tangkai bunga Ini adalah jalan terakhir dimana anda ingin menghasilkan foto sesuai dengan apa yang ada dalam konsep anda. Jika Anda akan melakukan ini pastikan Anda menyadari dampak lingkungan dari apa yang anda lakukan.

Jangan lupakan Bunga yang sudah mati
Kadang-kadang bunga yang mati dapat hadir sebagai subjek yang indah. Sementara bunga yang sempurna adalah salah satu yang mungkin menjadi pilihan awal dan terkadang 'itik buruk rupa' disamping bunga tersebut lebih menarik untuk ditembak.

Lensa
Point dan Shoot Kamera Jika anda menggunakan kamera dengan menggunakan lensa standar. Kita bisa menggunakan modus makro  (biasanya  ditandai dengan gambar bunga) namun dengan menggunakan modus ini maka kamera akan mengatur segalanya secara otomatis namun kebanyakan dari modus ini akan menghasilhan foto yang kedalamannya lebih dangkal.

abstrak
Kadang-kadang terjadi di dekat ekstra dan fokus dalam pada bagian bunga dapat membuat gambar yang indah dan luar biasa yang mengambil pada kualitas abstrak. Carilah warna kontras, pola dan tekstur.

Fokus merupakan sesuatu yang harus
Fokus yang tajam adalah hal yang sangat penting dalam semua bentuk fotografi, tetapi dalam fotografi Makro bunga sangat penting dan bahkan penyesuaian kecil dapat memiliki implikasi besar untuk foto Anda sebagai kedalaman lapangan sangat kecil. Dalam fotografi makro kedalaman lapangan adalah permainan milimeter sehingga perhatian terhadap detail dalam fokus adalah sesuatu yang harus diperhatikan.
Mengidentifikasi tempat tujuan yang Anda ingin berada dalam fokus dan kemudian bekerja keras untuk memastikan bahwa itu setajam mungkin. Ini bisa menjadi tantangan nyata, terutama di luar ruangan pada hari-hari berangin di mana Anda mungkin akan berakhir mengambil banyak gambar dan mengandalkan pada keberuntungan saja.  Anda dapat meningkatkan sedikit 'keberuntungan' Anda dengan memotret di lingkungan yang lebih terkontrol (mengambil bunga di dalam studio untuk pengambilan gambar, melindungi mereka dari angin atau hanya memilih untuk melakukan fotografi Anda pada waktu-waktu yang relatif bersabahat).

Lighting
Idealnya subjek yang anda potret sudah mendapatkakn cahaya yang cukup. Ini mutlak. Bagaimanapun cara anda mendapatkan situasi ini semua tergantung kepada andabiasanya dunia fotografi makro luar sering jauh dari ideal dan mungkin bantuan pencahayaan baik itu dengan cahaya buatan, bantuan flash atau bisa juga menggunakan beberapa jenis reflector.

Mengidentifikasi titik fokus
Seperti dalam semua jenis fotografi Anda harus berpikir tentang di mana Anda ingin mata Orang yang melihatAnda untuk diarahkanPertimbangkan pengaturan itu dari pusat menggunakan aturan pertiga - tetapi menemukan sesuatu dalam bingkai Anda yang akan ambil mata penampil anda dan hati-hati berpikir tentang bagaimana posisi itu.

DSLRs
Jika anda memiliki kamera yang bisa diganti-ganti anda bisa menggunakan beberapa jenis lensa yang memang dirancang untuk photography makro Misalnya 50mm, 60mm, 100mm180mm dll.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates