Jumat, 05 Oktober 2012

0 Bokeh


pada postingan saya kali ini saya akan mengulas  sedikit  mengenai bokeh, bagi anda yang sudah menggeluti dunia fotografi tentunya tidaklah asing dengan istilah bokeh, bagi anda yang pemula saya akan menjelaskan definisi dan sedikit tips untuk menghasilkan bokeh

Bokeh mengacu pada teknik mengaburkan gambar untuk menambah kualitas estetika dari sebuah foto. kata bokeh berasal dari kata dalam bahasa Jepang "boke" (diucapkan "bo-keh"), secara harfiah diterjemahkan menjadi 'ketidakjelasan'. Ketika seorang fotografer ingin membuat gambar tampak lebih halus, bokeh akan menempatkan objek sedikit keluar dari fokus tanpa benar-benar menghancurkan integritas definisi itu.
Seringkali bokeh mengaburkan ide dari suatu foto atau Gambar ketimbang menggambarkan titik fokus, bagaimanapun juga bokeh adalah suatu teknik mengkaburkan latar belakang atau latar depan.

Bokeh bisa dicapai dengan menggunakan setting kamera dengan bukaan (f) yang lebar. Sekarang banyak dipasaran jenis lensa yang mempunyai rentang bukaan yang lebar sehingga kedalaman ruang (DOF) akan sangat terasa dengan menghasilkan foto yang blur pada bagian belakang dan tajam pada objek utama.
Beberapa tips untuk menghasilkan foto bokeh diantaranya.


1.    Mode kamera anda pada mode manual (M), bisa juga menggunakan mode Aperture (A) pada kamera Nikon.

2.   Set bukaan kamera (f) pada bukan lebar misalnya pada f/4.0 atau f/2.8, semakin lebar maka hasil fotonya nanti akan semakin bokeh. Beberapa jenis lensa yang bisa digunakan untuk mencapai bokeh yang menawan adalah

  • Canon EF 85mm f/1.8, 
  • Nikon 50mm f/1.4D dan masih banyak lagi jenis lensa lainnya

3.   Pertimbangkan jarak antara objek utama (FG) dengan latar belakang (BG), usahakan jarak antara anda dengan Objek utama lebih dekat dan antara objek utama dengan latar belakangnya lebih jauh mungkin ilustrasi dibawah ini bisa membantu anda.




    4.    Banyak berlatih.
Beberapa orang bisa mencapai foto bokeh dengan mengeditnya dengan menggunakan Photosop. Itu sah-sah saja namun mendapatkan hasil foto bokeh langsung dari kamera anda akan berbeda rasa dan feelnya. 



0 komentar:

Poskan Komentar

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates