Selasa, 06 November 2012

1 Apakah Wireless Trigger itu?


Hai sobat Exzo, ketemu lagi dengan saya, yang kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai wireless trigger, dan macam-macam wireless trigger.

Wireless trigger adalah aksesoris fotografi yang fungsinya memicu lampu kilat yang tidak dipasangkan pada kamera (off camera flash) atau strobist. Biasanya digunakan pada saat memfoto model dalam suatu studio, untuk mendapatkan cahaya dari beberapa angel.

Macam-macam wireless trigger

  • Basic Manual Trigger

Trigger jenis ini akan memicu flash saat kita menjepret foto. Trigger ini termasuk pada kategori trigger simple alias sederhana karena tidak ada fitur grouping (mengelompokan beberapa flash) atau mengirimkan sinyal TTL untuk pengukuran cahaya secara otomatis.

ada dua pilihan pada jenis trigger ini, ada yang kualitas biasa dengan resiko macet dan jarak tidak bisa jauh, dan yang kualitas dengan jarak lebih jauh dan jarang macet.

Contoh kualitas biasa: YongNuo RF602, PT 40 NE harga sekitar 200-300rb satu pasang.
Contoh kualitas bagus: PocketWizard Plus, Phottix Atlas harga sekitar 2-3 juta satu pasang.

  • Grouping Trigger

Trigger jenis ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan lampu kilat. Ini akan sangat membantu jika memotret menggunakan beberapa lampu kilat, trigger ini juga membantu pada saat kita ingin melihat efek dari lampu kilat secara individu atau kelompok. Yang paling penting trigger ini akan memudahkan fotografer yang memakai beberapa lampu kilat tidak harus buka tutup flash satu persatu.

Contoh kualitas biasa: Phottix Strato II harga sekitar 800rb satu pasang.
Contoh kualitas bagus:  PocketWizard Plus III harga sekitar 2.5 juta satu pasang.

  • TTL Radio Trigger

Trigger jenis ini akan kamera bersinkronasi dengan flash dalam mengatur cahaya lampu flash, dan akan mengirimkan sinyal TTL dari kamera ke flash. Trigger ini bisa digunakan untuk mengatur rasio pencahayaan antara beberapa lampu kilat atau kelompok lampu kilat, dan dapat digunakan pada saat memotret dengan shutter speed yang tinggi (high speed sync).

Contoh: Phottix Odin, Pocketwizard ControlTL (Flex TT5 & Mini TT1) Harganya 3-4 juta satu set.

bagaimana sobat exzo banyak macamnya bukan, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat exzo dalam memilih wireless trigger, sampai jumpa pada postingan saya berikutnya.

1 komentar:

  1. menambah pengetahuan teknik studio lighting mengenai wireless trigger
    terima kasih

    BalasHapus

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates