Selasa, 30 Oktober 2012

0 Merubah Lensa Kit menjadi Lensa Makro menggunakan Reverse Ring


Hai sobat exzo, jumpa lagi dengan saya yang pada kesempatan kali ini akan membagi tips dan trik bagi sobat exzo semua. Kali ini saya akan membahas tentang cara mendapatkan lensa makro dari lensa kit dengan menggunakan reverse ring.

Wah kok bisa.. bagaimana mungkin? pasti itu pertanyaan yang ada dibenak sobat exzo sekalian, memang sih kalau dilihat agak janggal saat kita pasang lensa prime 50mm atau lensa kit 18-55mm secara terbalik pada body kamera DSLR (ujung depan lensa menempel di body kamera) tapi memang begitulah cara agar mendapatkan lensa makro dari lensa kit yang memang bukan spesifikasi untuk makro. Alat tambahan yang digunakan untuk memasang lensa pada body kamera tersebut bernama reverse ring berikut ini penampakannya.



Alternatif ini menjadi pilihan banyak fotografer yang menginginkan lensa makro tanpa harus membeli lensa makro, karena kita hanya membutuhkan reverse ring yang harga nya relatif murah (ada yang dibawah Rp 100rb).

Cara memakai reverse ring juga sangat mudah kita tinggal pasang reverse ring pada body kamera sebelum lensa, lalu pasang lensa terbalik pada reverse ring yang sudah dipasangkan tadi. selesai kamera dengan lensa makro siap untuk digunakan memotret serangga atau objek lainya.

Tetapi menggunakan cara ini ada kekurangannya, yaitu kita akan kehilangan koneksi elektronik, antara kamera dan lensa. Sehingga fungsi autofokus tidak bekerja dan harus diset secara manual. Namun metering masih berfungsi seperti biasa, cukup gunakan mode P (program) atau aperture priority.

Demikian tadi tips dan trik dari saya, semoga dapat membantu sobat exzo dalam mendalami hobi  foto makro. Sampai jumpa pada postingan saya berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates