Jumat, 09 November 2012

0 Tips Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting di Pelosok


Hai sobat exzo, bagaimana kabarnya, semoga dalam keadaan baik semua. Baiklah kali ini saya akan membagi tips menghemat baterai kamera pada saat hunting.

Tidak dapat dibayangkan, disaat sedang ikut hunting photo di daerah pelosok yang belum ada listrik, atau  sudah teradapat listrik tetapi tidak menemukan colokan listrik, stok baterai cadangan habis, sementara acara puncak masih belum dimulai, dan ternyata di situ banyak terdapat momen-momen penting, alangkah menyesalnya jika sobat exzo mengalaminya.

Agar terhindar dari hal-hal seperti yang saya sebutkan diatas, coba sobat exzo ikuti tips dari saya berikut ini.

Selektif Dalam Memotret
Fokuslah dengan tujuan utama dahulu, sebelum tujuan utama belum tercapai jangan asal jepret, karena akan menyebabkan boros baterai dan memory.

Non Aktifkan Auto Review
Pada kamera DSLR dan Pocket pasti memiliki fitur ini, Non Aktifkan Fitur ini karena akan membuat baterai bekerja extra.

Tambah ISO kurangi Flash
Built in flash pada kamera sangatlah memboroskan baterai, tambah poin ISO agar kebutuhan akan flash berkurang. Lebih extreem lagi tanpa memakai flash sama sekali agar baterai lebih hemat lagi.

Minimalisir Menyalakan Layar LCD
walaupun LCD pada kamera hanya berukuran 3 inch, tetapi kamera akan membutuhkan banyak energi listrik untuk menyalakannya. Jangan menggunakan fasilitas live view, dan gunakanlah view winder untuk membidik object.

Non Aktifkan IS/VR (Image Stabilizer/Vibration Reduction)
Dengan menonaktifkan fungsi ini, baterai akan 20% lebih awet. Image stabilizer/vibration reduction menguras banyak energi untuk menggerakan elemen didalam lensa untuk mengurangi shake agar foto lebih tajam.

Non Aktifkan Sensor Cleaning
Untuk type kamera tertentu memiliki fitur sensor cleaning, sensor ini akan aktif setiap kamera dinyalakan. Untuk menghemat konsumsi baterai non aktifkanlah fitur ini, sehingga bisa untuk menghemat baterai kamera.

Gunakan Manual Fokus
Cara terakhir ini diperuntukan bagi yang sudah mahir dalam memotret karena apabila belum mahir dalam memotret menggunakan manual fokus, justru akan membuat boros baterai, karena cenderung memotret berulang-ulang untuk mendapatkan hasil (fokus) yang diinginkan.

Nah sobat exzo, sekian dulu ya tips dari saya semoga bisa membantu sobat exzo dalam memanajemen pemakaian baterai dalam hunting di pelosok desa. Saya mau lihat pertandingan tinju Chris John dulu, sampai jumpa pada postingan saya berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates