Kamis, 06 Desember 2012

2 Tips Fotografi Malam (Nigthscapes)


Hai sobat exzo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membagikan tips fotografi malam atau pada cahaya rendah. Disini akan saya jelaskan agar sobat exzo bisa mendapatkan hasil yang menakjubkan pada waktu memotret di malam hari, karena ada tantangan tersendiri bagi seorang fotografer memotret pada malam hari dimana tidak ada cahaya matahari sama sekali. Berikut ini sedikit tips dari saya.

ISO dan Shutter Speed
Mulailah mencoba mengambil gambar dengan ISO rendah dan diikuti dengan setelan shutter speed yang menyesuaikan  untuk mendapatkan contrast bagus dan sedikit noise.

Aperture
Untuk aperture gunakan f/11 atau f/16 agar mendapatkan DoF (Depth of Field) lebih, sehingga akan banyak obyek yang akan tertangkap kamera.

Waktu yang tepat
Maksud dari waktu yang tepat disini adalah, pilihlah waktu yang paling baik (sesuai konsep anda masing-masing), sebagai contoh pemandangan kota dimalam hari setelah hujan deras akan sangat bagus untuk diambil gambarnya, karena jalanan yang basah akan memantulkan lampu kota, dan akan menjadikan hasil foto lebih dramastis.

Tripod
Tripod wajib digunakan untuk memotret di malam hari, karena memotret dimalam hari membutuhkan exposure yang panjang. Menggunakan tripod akan mengurangi guncangan agar gambar lebih tajam.

White Balance (WB)
cobalah beberapa filter White balance untuk mendapatkan efek warna yang berbeda pada masing-masing frame.

Demikian tadi sedikit tips dari saya, semoga bisa membantu sahabat exzo dalam memotret malam, disamping itu teruslah berlatih agar mendapatkan hasil yang menakjubkan. Oke sobat exzo sampai jumpa pada postingan saya berikutnya.

2 komentar:

  1. Wow sangat membantu sekali gan tips nya, keep posting \m/ misi gan numpang http://money4visits.com/?share=15755

    BalasHapus

 

extremezooming Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates